3 Amalan yang akan terus mengalir pahalanya



3 Amalan yang akan terus mengalir pahalanya


Ini mah sebenarnya udah sering banget kita denger tapi tetep aja masih banyak orang yang hatinya belum bergerak. Itukah aku?

Mau share dikit dari ilmu yang gw tau
3 Amalan yang pahalanya tidak akan putus walaupun orang tersebut telah meninggal dunia.


إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Allah memberi ganjaran sekecil apa pun amal yang kita perbuat. Meski hanya sebesar dzarrah atau debu loh.
“Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar” [QS. An Nisaa’ : 40]


1.       Ilmu yang bermanfaat

“…Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.” [QS. Al Ma’idah : 2]

contoh : kamu jadi seorang guru (sekolahan, les, ngaji, apapun itu yang menyangkut kebaikan) lalu mengajarkan ilmu tsb ke orang lain dan diamalkannya terus menerus, insyaallah jadi ladang pahala bagi kamu. Ngajarin anak kecil belajar membaca atau menulis dll itu juga termasuk ilmu yang bermanfaat. Rugi kan kalo kamu punya ilmu cuma bisa dipendem untuk diri sendiri, gak dibagikan ke orang lain, gak dimanfaatin untuk orang lain. 

2.       Anak yang sholeh/sholehah

Kalau kita punya anak yang sholeh, insyaAllah  pahalanya turut mengalir kepada kita. Kog bisa? Karena sebagai orang tua kita telah berhasil membuat ia menjadi orang yang bertakwa kepada RabbNya. Maka dari itu pilihlah pasangan yang dapat bekerjasama denganmu dalam mendidik anak yang sholeh sholehah.

3.       Sedekah jariyah

Contohnya : kamu mewakafkan uangmu untuk membangun sumur, mensedekahkan uang mu untuk membeli alquran, sajadah atau mukena yang ditaruh di masjid, mewakafkan tanah kita untuk dibangun pesantren, mensedekahkan uang kita untuk pembangunan pesantre, sekolah atau masjid. Pahalanya bakal mengalir terus.

Hadits riwayat Usman bin Affan ra: ”Barang siapa yang membangun sebuah masjid karena mengharapkan keridhaan Allah SWT, maka Allah akan membangun untuknya sebuah rumah di surga. (H.R Bukhari dan Muslim)

kelihatan simple kan? Tapi pahalanya running terus. Reminder juga nih buat fatma kalo kiamat udah deket. Jangan cuma mentingin diri sendiri, kebutuhan sendiri sampe lupa kalo tiba2 Allah nyabut nyawa kita, di akhirat ditanya macam2. Gw jawab apa? Gw bisa apa?



Nah kira2 kamu mau milih amalan yang mana? Kali aja itu jadi investasi kamu dikala udah meninggal J




Comments

Popular posts from this blog

Proposal Kegiatan Penyuluhan Narkoba Dan Sosialisasi Lantas

Training Dasar Organisasi-KAMMI KEPRI

Yuk, Pahami Makna La ilaha illallah